Sunday 9 September 2018

hardware komputer





1. CPU Socket
CPU Socket atau sering di sebut Socket Processor adalah socket tempat di mana processor di pasang. Setiap mobo mempunyai socket prosesor yang berbeda-beda, teragantung jenis prosesor apa yang digunakan.
Gambar di bawah ini merupakan daftar socket pada prosesor intel, untuk keterangan lebih lanjut saya akan membahasnya pada postingan selanjutnya.
2. DRAM Slot Memory
DRAM Slot Memory atau lebih mudahnya Slot RAM adalah slot yang digunakan untuk memasang RAM (Random Acces Memory) pada motherboard.  Slot RAM juga memiliki jenis yang berbeda sesuai jenis RAM yang dipakai.
3. 20-pin ATX Power Connector / Port Power
20-pin ATX Power Connector berfungsi untuk menghubungkan konektor power dari power supply dengan motherboard. Perlu sobat ketahui untuk mobo saat ini banyak yang menggunakan 24-pin, tambahan 4 pin tersebut untuk membantu kinerja dari prosesor. 
4. Fan Header
Fan Header berfungsi untuk memberikan daya pada kipas yang terpasang pada heatsink processor dan sebagai penyedia tegangan untuk kipas processor.
5.  Port Serial ATA (SATA) 
Serial ATA (SATA) berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti harddisk atau CD-ROM jenis SATA.
6. IDE (Integrated Drive Electronics) berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti harddisk atau CD-ROM jenis IDE.
7. USB Header
USB Header berfungsi untuk menghubungkan Front USB dengan Motherboard
8. Southbridge          
 
Southbridge adalah komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara processor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.
9. Northbridge (With Cooler) 
Northbridge adlah komponen pembantu Northbridge
10. Slot PCI x1 / PCIe x1 / PCI x16
10a. PCI Express x16 : Berfungsi untuk menempatka/memasang kartu grafik atau VGA Card agar dapat menghasilkan output yang berkualitas ke layar monitor.
10b. PCI x1 : Berfungsi untuk menempatkan/memasang aksesoris seperti adapter nirkabel, TV tunner dan sebagainya.
10c. Slot PCI : Berfungsi untuk memasang berbagai kartu plug-in, dapat dipasang beberapa kartu ekspansi seperti modem, kartu jaringan dan lain-lain.
11. Slot AGP (Accelerated Graphics Port)
AGP berfungsi menempatkan kartu grafik/VGA Card yang berjenis AGP.
12. BIOS
BIOS adalah memori permanen tempat tersimpannya data seperti tanggal serta pengaturan dari komponen komputer.

13. Battery CMOSCMOS Berfungsi untuk memyimpan memori dari chip CMOS yang berisi tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer.
















·        Back Panel adalah Kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer.

  • Port PS/2 Mouse : Berfungsi untuk menghubungkan mouse dengan komputer/PC.
  • Port PS/2 Keyboard : Berfungsi untuk memasang keyboard.
  • Port Paralel : Berfungsi untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
  • Port Serial : Berfungsi untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun sekarang jarang digunakan
  • Port RJ45 : Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
  • Port USB : Berfungsi untuk antarmuka dengan perifelar atau peralatan eksternal generasi baru menggantikan port paralel dan port serial.
  • Port Audio : Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.
Front Panel Motherboard                      
Pada mobo juga terdapat port front panel yang tersambung ke tombol power, restart, usb, dan lain-lain yang terdapat didepan casing CPU seperti pada gambar diatas.

Itulah Pengertian, Fungsi dan Komponen Motherboard Lengkap semoga bermanfaat, dan apabila ada hal yang keliru mohon untuk koreksi.

No comments:

Post a Comment